Jasa Poles Lantai. Lantai merupakan bagian dari rumah yang tak luput untuk diperhatikan. Fungsinya yang sebagai pijakan pun tidak lengkap bila tidak menggunakan motif yang cantik. Ada banyak jenis lantai yang bisa anda gunakan dalam sebuah bangunan yang baru atau dalam tahap renovasi. Namun sudahkah anda membersihkannya dengan benar? Alangkah lebih baik untuk menggunakan jasa poles lantai untuk memaksimalkan kebersihan dan kilau rumah anda.

Kebersihan lantai seringkali disepelekan. Banyak yang perhatian namun tidak melakukan pembersihan secara maksimal. Yang terpenting adalah terbebas dari noda dan kotoran di permukaannya. Lalu, bagaimana pembersihannya yang tepat?

Jasa Poles Lantai – Jenis-Jenis Lantai

Lantai memang memiliki banyak jenis sesuai dengan selera masing-masing orang. Ada yang melihat dan memilih lantai dari motifnya dan juga dari ketahanannya. Ada juga yang mempertimbangkan keduanya. Tentunya lantai yang cantik akan semakin memikat tampilan rumah anda. Perlu anda ketahui ada beberapa jenis lantai yang banyak digunakan orang, yaitu:

1. Lantai Plester

Lantai plester ini adalah jenis lantai yang sangat sederhana dan paling murah. Anda hanya memerlukan bahan yang juga digunakan pada dinding yang diplester. Motifnya pun hanya itu-itu saja, bisa memberikan kesan yang monoton namun juga banyak digunakan di rumah-rumah modern bergaya industrial.

Jika di dinding dibiarkan kasar dan ala kadarnya karena akan dilakukan langkah selanjutnya seperti pengecatan ataupun penambahan dekorasi lainnya, dalam pengerjaan lantai, lantai akan digosok sampai mengkilap dan halus. Sehingga kesannya lantai terlihat licin, warnanya pun akan timbul abu gelap khas semen dan pasir.

2. Lantai Keramik

Berikutnya ada lantai keramik, merupakan lantai yang paling umum dan mayoritas digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya di lantai saja, keramik juga banyak digunakan di dinding-dinding rumah masyarakat. Ada yang mengkilap, ada yang kasar, dan beragam jenis lainnya.

Motifnya pun banyak, karena memang penggunanya yang sangat umum sehingga motif yang diciptakan semakin banyak. Ada yang polos, motif marmer, serat kayu, dan lainnya.

3. Ubin/ Lantai Tegel    

Jenis lantai tegel atau ubin ini juga tak kalah popularitasnya dari keramik. Masyarakat Indonesia banyak yang menggunakannya karena motifnya yang klasik. Materialnya sendiri terbuat dari campuran semen dan pasir. Zaman dahulu, banyak rumah yang menggunakannya sebelum keramik populer. Motifnya masih hanya tersedia warna abu-abu tua. Namun semakin berkembangnya zaman, semakin banyak varian yang diciptakan.

4. Lantai Kayu

Selanjutnya ada jenis kayu yang juga banyak digemari kalangan masyarakat di seluruh dunia. Lantai kayu ini memberikan kesan alami dan juga menenangkan. Ruangan yang menggunakan lantai kayu ini juga akan terkesan hangat.

Lantai kayu sendiri memiliki 2 jenis, yaitu parket dan laminating. Parket biasanya adalah kayu yang digunakan di rumah-rumah panggung. Terbuat dari kayu asli, dan dikombinasikan dengan teknologi layer. Sedangkan kayu laminating merupakan kayu olahan yang permukaannya adalah hasil printing.

5. Lantai Marmer

Anda pasti sudah sering dengar jenis marmer ini. Ya, marmer adalah jenis batuan yang sudah terbentuk ratusan tahun lalu dan tidak bisa diperbaharui. Hal itu berarti marmer ini termasuk batuan yang langka karena butuh waktu yang lama untuk pembentukannya.

Kelangkaannya itu membuat harganya menjadi sangat mahal, dan banyak digunakan oleh orang-orang kaya. Pengolahannya sendiri sebenarnya hanya membutuhkan pemotongan dan penghalusan. Namun, ketahanannya dapat diandalkan karena sangat kuat dan tahan akan beban yang berat.

Nah, untuk teksturnya sendiri halus dan dingin. Sehingga membuat ruangan tidak hanya terlihat sejuk, namun betul terasa dingin.

6. Lantai Granit

Lantai granit ini memiliki level yang lebih tinggi dari jenis marmer. Marmer sendiri sudah dikenal sebagai jenis bebatuan yang langka dan mahal. Nah, granit ini juga lebih langka di alam dan sudah pasti lebih mahal dari lantai marmer. Secara tampilan, granit lebih gelap daripada marmer.

7. Lantai Vinyl

lantai vinyl jika dijelaskan memiliki kesamaan dengan stiker dinding. Pemasangannya sangat praktis sehingga cocok digunakan untuk anda yang mudah bosan dengan tampilan. Di bagian bawahnya, ada lem yang bisa direkatkan dengan lapisan plester ataupun keramik, sehingga mudah dipasang dan mudah dilepaskan.

Anda tentunya bisa melakukannya sendiri tanpa memerlukan bantuan dari para tukang. Sangat praktis, namun lantai vinyl ini sangat kuat, bahkan tahan air dan api.

8. Lantai Teraso

Lantai teraso adalah jenis lantai yang memiliki corak timbul. Terdapat macam yang kasar, selain itu juga dapat ditemukan anti gores beserta halus. Materialnya terbuat dari campuran semen, pasir dan juga pecahan marmer. Bisa juga dipadukan dengan kombinasi kerang dan kaca-kaca bening ataupun yang berwarna.

Jenis lantai teraso ini juga memiliki banyak motif, sehingga tidak terkesan monoton. Teraso biasanya digunakan di rumah-rumah ibadah, kantor, mall, hotel maupun di rumah-rumah.

Tips Pembersihan Lantai

Beberapa jenis lantai, tidak cukup bila dibersihkan dengan cara yang biasa. Yaitu dengan kain lap yang sudah dibasahi dengan cairan pembersih lantai. Jenis lantai seperti marmer, granit dan teraso membutuhkan perawatan khusus. Jadi anda tidak hanya membutuhkan kesiapan dana di awal, namun juga dana rutin untuk membersihkannya jika ingin lantai yang awet dan tetap berkilau.

Dari waktu ke waktu, lantai pasti akan mengalami kotor dan bernoda, kusam, dan bahkan jika tidak terawat akan kehilangan kilaunya. Padahal anda memilihnya karena ingin bangunan terlihat menarik karena kilauannya. Apalagi jika lantai sudah berkerak dan kusam, banyak yang alih-alih membersihkan malah memilih untuk menggantinya dengan yang baru. Padahal yang dibutuhkan adalah perawatan rutin dengan cara yang tepat.

Lantai yang baru dipasang pun membutuhkan pembersihan yang serius karena masih ada sisa semen yang menempel dan menghalangi kilaunya, apalagi dengan lantai yang sudah lama. Perawatan yang tidak benar, seperti meletakkan perabotan dengan beban yang berat tanpa alas akan banyak berpengaruh dan menggores permukaan lantai. Alangkah lebih baik jika anda meletakkan karpet panjang agar kaki tidak langsung menginjak lantai. Perabotan juga harus diberikan alas agar saat memindahkannya, tidak menggores dan merusak corak lantai.

Dalam membersihkannya, anda juga bisa rutin menyapu dan juga mengepel lantai untuk menghilangkan debu dan kotoran yang tentunya setiap saat berhamburan karena terinjak. Gunakan air yang hangat sebagai campuran cairan pembersih lantai. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih lantai khusus yang banyak digunakan oleh jasa-jasa pembersih lantai untuk mempertahankan kilau lantai.

Jadi, dalam beberapa jenis lantai memiliki cara pembersihan yang khusus untuk memaksimalkan kebersihan, menjaga kilau serta menghindari kekusaman sehingga lantai bisa awet dan tahan lama. Ada yang merasa kerepotan, bisa menggunakan jasa pembersih lantai untuk lebih praktis dan juga menghemat waktu sekaligus tenaga anda. Jika anda membutuhkan jasa poles lantai yang berpengalaman, anda bisa hubungi kami. Semoga bermanfaat.