Granit dan Marmer Bagus Mana. Pertanyaan mengenai hal tersebut umumnya sering kali ditanyakan oleh orang-orang yang bingung dalam memilih jenis batuan untuk diaplikasikan di lantai rumah hunian? Apabila Anda termasuk salah satunya, maka sebaiknya perlu mengetahui beberapa perbedaan antara granit dan marmer berikut ini sebagai bahan pertimbangan nantinya.

 

Perbedaan Antara Granit dan Marmer Bagus Mana?

Pada dasarnya, granit dan marmer merupakan jenis batuan yang sering dimanfaatkan untuk dekorasi dan pembangunan bangunan perumahan. Dari kedua jenis batuan tersebut, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itulah, untuk memudahkan Anda dalam memilih antara lantai granit dan marmer, sebaiknya perlu tahu beberapa perbedaannya di bawah ini.

1.  Warna dan Tekstur yang Dimiliki

Perbedaan antara granit dan marmer yang pertama, bisa Anda lihat dari segi warna dan tekstur yang dimilikinya. Dimana untuk lantai granit, biasanya memiliki warna yang beraneka ragam seperti abu-abu, hitam, putih, merah dan hijau dengan tekstur yang sedikit kasar dan keras. Hal ini jauh berbeda dengan lantai marmer, yang biasanya hanya memiliki warna putih atau abu-abu mudah dengan tanda-tanda / garis-garis yang khas, serta memiliki tekstur yang lebih halus dan licin.

2.  Daya Kekuatan dan Ketahanan

Jika dilihat dari daya kekuatan dan ketahanan yang dimiliki, jenis batuan granit tentunya lebih kuat dan tahan lama dibandingkan batuan marmer. Hal ini dikarenakan, granit memiliki daya kekuatan yang jauh lebih tinggi dan tahan terhadap berbagai goresan, kerusakan dan panas. Sementara pada batuan marmer, biasanya cenderung lebih mudah tergores dan terkelupas jika terkena benda-benda tajam ataupun panas.

3.  Pemakaian Granit dan Marmer

Perbedaan lain dari granit dan marmer selanjutnya, yakni ada pada pemakaian kedua jenis batuan tersebut. Dimana dalam hal ini, granit sendiri sering kali diaplikasikan di luar ruangan seperti halnya di tangga, lantai dan dinding rumah. Sementara itu, penggunaan marmer biasanya sering kali digunakan untuk aplikasi dalam ruangan seperti halnya meja, lantai, countertop sampai dengan patung maupun monumen.

Setelah melihat informasi mengenai perbedaan di atas, tentunya Anda bisa mengambil kesimpulan mengenai granit dan marmer bagus mana dalam pengaplikasiannya di rumah hunian, bukan?