Cara Menghitung Kebutuhan Pasir Untuk Lantai. Anda harus mengetahui bagaimana cara menghitung kebutuhan pasir untuk lantai cor karena itu adalah salah satu material wajib. Oleh karenanya, jika masih belum tahu bagaimana cara menghitung mereka, mari kami bantu dengan memberikan penjelasan mengenai itu. Jadi, simak dengan teliti ya!

Cara Menghitung Kebutuhan Pasir untuk Lantai

Pasir adalah salah satu material utama ketika melakukan pembangunan, baik itu tembok hingga lantai sekalipun. Adapun jenis lantai yang banyak digunakan, seperti lantai keramik, granit, cor, hingga plester.

Kebutuhan material pasir, semen, dan air sendiri lebih banyak digunakan pada jenis lantai cor. Ia rentan mengalami kerusakan, misal retak hingga berlubang kemungkinan karena perhitungan bahan yang kurang tepat.

Adapun di bawah ini kami telah menyajikan bagaimana cara menghitung kebutuhan pasir yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Berikut adalah ulasannya secara lengkap, yaitu:

Cara Menghitung Kebutuhan Pasir untuk Cor

Lantai cor beton adalah salah satu jenis lantai yang banyak digunakan karena mudah dan tahan lama. Namun, umurnya bisa saja semakin menipis jika mereka menggunakan takaran bahan yang tidak sesuai.

Mengetahui Koefisien Pasir

Sebelum masuk pada cara menghitung kebutuhannya, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu hitungan koefisien pasir. Jika Anda melakukan pengecoran dengan mutu beton 7.4 (Mpa), maka akan menghabiskan koefisien pasir 869.

Sementara jika menggunakan mutu beton K125 (9,8 Mpa), maka koefisien pasir yang akan diperlukan adalah 828.

Menghitung Kebutuhan Pasir

Cara menghitung kebutuhan pasir untuk cor, Anda hanya perlu mengalikan total pasir dan panjang lahan atau bangunan. Rumusnya adalah Volume Beton x Koefisien Pasir.

Jadi, jika volume beton adalah 40m³ dan melakukan mutu betok K125, maka rumusnya menjadi 40 x 828 = 33,120. Kemudian konversikan ke kubik menjadi 33,120 : 1400 = 23.6571 m³. Angka 1400 didapat dari berat jenis pasir dan perhitungan ini menghasilkan jumlah kebutuhan pasir per kubik.

Pasir adalah material bangunan yang penting dan mempunyai harga cukup tinggi karena proses pengambilannya yang susah. Oleh karena itu, agar tidak merugi karena kurang atau kelebihan, maka mengetahui cara menghitung kebutuhan pasir untuk lantai cor adalah salah satu hal dasar yang perlu Anda pelajari.