Cara poles marmer yang baru dipasangkan memiliki beberapa tahapan dan proses yang perlu diperhatikan. Hal ini karena perawatan dari masing-masing umur penggunaan lantai marmer memiliki cara perawatannya sendiri.

Tahapan dan Cara Poles Marmer yang Baru Dipasang

Tujuan dari pemolesan lantai marmer ini tentunya untuk menjaga kilau lantai marmer agar tetap indah. Berikut adalah tahapan dan cara pemolesan lantai marmer yang baru dipasang.

1.     Memotong Nat Lantai

Baik pemasangan keramik atau marmer tetap harus menggunakan nat. Tujuan dari memotong nat ini adalah untuk merapikan dan menyelaraskan ukuran nat sehingga lebih rapi dan teratur. Nat adalah bagian pengisi pada susunan lantai, hal ini karena biasanya pada lantai marmer, nat memiliki ukuran yang lebar dan ukurannya berbeda-beda.

2.     Memasang Ulang Nat yang Telah Dirapikan

Jika Nat sudah dirapikan dan lebarnya sudah selaras, maka dapat melakukan pemasangan kembali dengan adukan nat baru yang telah disiapkan. Membuat adukan nat yang baru ini dapat menggunakan campuran resin bersama bubuk mild. Setelah diaduk dan tercampur rata, sebagai opsinya dapat ditambahkan pewarna yang selaras dengan warna lantai marmer.

3.     Proses Pengelupasan Marmer

Pengelupasan marmer ini memiliki berapa tahap dan rangkaian yang harus dilakukan secara berurutan. Caranya adalah dengan menghaluskan permukaan kasar lantai marmer dengan bantuan alat grinding kasar, kemudian sedang, lalu yang halus, menyesuaikan permukaan lantai marmer. Setelah itu, proses pengelupasan lapisan marmer dapat dilakukan dengan batu diamond.

4.     Proses Kristalisasi Marmer

Proses kristalisasi ini menggunakan campuran bahan kimia dan harus dilakukan oleh seorang yang profesional. Selain proses pengelupasan marmer, pada proses kristalisasi ini juga terdapat beberapa tahapan yang harus dikerjakan secara berurutan. Dimulai dari proses pemakaian obat putih atau osasir, yang kemudian dilanjutkan dengan pemakaian extra 5 atau obat kuning.

5.     Proses Finishing

Setelah melewati proses pemotongan dan pemasangan ulang nat, proses pengelupasan dan kristalisasi marmer, lalu yang terakhir adalah proses finishing. Proses ini dilakukan dengan melapisi lantai marmer dengan lapisan khusus. Pelapisan lantai marmer ini biasanya menggunakan cairan kimia bernama bellinzon berwarna putih dan tidak berbau dengan tujuan melindungi marmer agar lebih tahan lama.

Demikian tahapan dan cara poles marmer yang baru dipasang, apakah Anda tertarik mengerjakannya sendiri atau menggunakan jasa tenaga profesional? Jika Anda ingin mengerjakannya sendiri, semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda. Selamat mencoba.