Cara Mengkilapkan Lantai Teraso. Lantai teraso merupakan jenis lantai yang terbuat dari pecahan marmer, semen, pasir dan tegel. Materialnya terbilang kokoh dan awet sehingga membuat lantai ini cukup sering digunakan di Indonesia.

Meski demikian, sama seperti lantai pada umumnya, jika jarang dibersihkan lantai teraso bisa mudah kotor dan kusam. Lalu bagaimana cara membuatnya mengkilap dan tampak seperti baru? Simak caranya di bawah ini.

Cara Mengkilapkan Lantai Teraso

Jangan Biarkan Lantai Kotor Terlalu Lama

Cara membuat lantai teraso mengkilap adalah langsung membersihkan debu dan tidak membiarkan lantai kotor terlalu lama. Hilangkan kotoran dan debu yang menempel di lantai, kemudian bersihkan lantai menggunakan cairan pembersih.

Pastikan untuk menggunakan cairan pembersih dengan pH netral agar kualitas lantai teraso tetap terjaga. Hindari membersihkan lantai dengan cairan pH rendah karena teraso bersifat sensitif terhadap cairan asam.

Bersihkan Lantai Secara Rutin

Seperti material lantai pada umumnya, lantai teraso harus selalu rutin dibersihkan. Lakukan pembersihan minimal satu kali sehari karena lantai teraso mudah kotor oleh jejak kaki atau debu yang menempel. Solusi agar lantai tetap bersih adalah dengan menyapunya setiap pagi dan sore hari.

Lakukan Pemolesan

Cara merawat lantai teraso yang kusam adalah dengan melakukan pemolesan. Pemolesan dilakukan agar lantai tetap mengkilap dan tidak mudah kusam. Selain itu, memoles lantai juga dimaksudkan untuk membersihkan lantai dari noda yang menumpuk. Anda bisa memoles lantai menggunakan pemoles berlapis kristal dan wax. Bisa juga menggunakan ampas kelapa untuk menjaga lantai agar tetap bersih.

Pengamplasan Lantai

Selanjutnya, Anda bisa mulai melakukan pengamplasan lantai untuk membuatnya lebih mengkilap. Namun, mengamplas lantai teraso cukup berbeda dengan mengamplas kayu. Anda perlu menggunakan mesin khusus untuk memudahkan proses pengamplasan dan menjadikannya lebih cepat kinclong.

Gunakan Sedikit Amonia

Jika Anda menemukan bercak noda mulai muncul di lantai teraso, maka bisa gunakan sedikit amonia ketika pembersihan. Pastikan tidak terlalu banyak amonia yang digunakan, sebab terlalu banyak amonia justru menghilangkan kesan indah dan mengkilap.

Mudah bukan cara mengkilapkan lantai teraso? Jika perlu, Anda bisa memoles ulang agar lantai teraso benar-benar kembali mengkilap.