Cara Membersihkan Lantai Teraso yang Kusam. Bagaimana cara membersihkan lantai teraso agar tidak kusam karena terdapat dua tekstur yang berbeda? Lantai unik ini memiliki dua tekstur berbeda berdasarkan fungsinya, yaitu tekstur kasar untuk lantai eksterior, dan halus untuk interior ruangan.

Perbedaan tekstur ini tentunya berasal dari komposisi pembuatannya, teraso kasar terbuat dari marmer kasar sedangkan terasi halus dari pecahannya yang lebih halus. Kedua jenis teraso ini pun memiliki cara perawatannya yang berbeda, lalu bagaimana cara merawatnya?

Cara Membersihkan Lantai Teraso Yang Kusam

Terdapat beberapa cara membersihkan lantai teraso pada saat setelah dipasang, perawatannya secara berkala, dan juga bagaimana perawatan jika mobilitas daerahnya terlalu tinggi.

1.     Pasca Lantai Teraso Dipasang

Saat lantai teraso dipasang, semen akan membutuhkan waktu agar mengeras sampai beberapa hari atau minggu. Pada saat itu juga, tidak disarankan ada aktivitas lainnya di atas lantai, namun terkadang lantai berubah warna dan menjadi berbintik.

Anda dapat melarutkan detergen dengan air menggunakan perbandingan satu banding sepuluh. Setelah itu, lantai dapat dipel, dibilas, lalu keringkan, sebelumnya, jangan lupa untuk menyikatnya agar lantai teraso Anda juga terlihat lebih bersih dan tidak kusam.

2.     Perawatan Berkala

Selain pasca teraso dipasang, perawatan lantai teraso ini juga harus dilakukan berkala agar lantai awet dan tahan lama. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang netral seperti detergen yang dilarutkan dengan air dingin.

Setelah itu, gunakan air detergen tersebut untuk mengepel lantai teraso hingga bersih. Jika ingin mengembalikan agar lantai tidak terlalu kusam lagi, maka pembersihan ini dapat dilakukan secara berkala.

3.     Perawatan Lantai Teraso Bermobilitas Tinggi

Lantai terasi memang sering juga digunakan untuk mall, restoran, rumah sakit, dan lain sebagainya. Maka dari itu lantai teraso ini juga harus dibersihkan secara berkala juga dengan pembersih lantai dengan perbandingan satu banding sepuluh dengan campuran air.

Jika permukaannya bersih dan kering, maka gunakanlah detergen yang anti minyak atau anti air. Sedangkan jika lantai terasonya terdapat banyak kotoran dan flek maka dapat diatasi dengan mengoleskan lapisan lilin agar kotoran lebih mudah hilang.

Demikian informasi mengenai cara membersihkan lantai teraso agar tidak kusam pada saat setelah dipasang, perawatannya secara berkala, dan juga bagaimana perawatan jika mobilitas daerahnya terlalu tinggi. Semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!