Cara membuat lantai teraso adalah salah satu keterampilan yang dapat menghasilkan lantai yang elegan dan tahan lama di berbagai ruangan. Teraso, yang terkenal dengan keindahan desain dan daya tahannya, merupakan pilihan populer dalam dunia desain interior dan eksterior.

Cara Membuat Lantai Teraso di Rumah

Teraso adalah lantai campuran batu alam, serpihan keramik, atau kaca dengan semen. Meskipun terdengar rumit, dengan panduan yang tepat, Anda bisa membuat sendiri lantai teraso indah dan unik di rumah Anda.

1. Persiapkan Bahan dan Alat

Sebelum mengawali proses, pastikan Anda telah menyiapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Anda membutuhkan satu karung teraso cor instan 45 kilogram, semen putih, cairan perekat, jidar, dan air secukupnya. Selain itu, siapkan alat seperti ember, spatula, dan alat penghalus permukaan.

2. Siapkan Permukaan

Siapkan area yang akan diterapkan teraso cor dengan kekuatan minimal K-300. Pastikan membersihkan permukaan area dari segala jenis kotoran seperti debu, minyak, noda, atau partikel lain yang dapat merusak kualitas teraso.

Selanjutnya, aplikasikan cairan perekat terlebih dahulu. Bahan ini berfungsi sebagai pengikat antara teraso dan beton.

3. Campur Bahan-Bahan

Kemudian, siapkan teraso cor instan satu karung dan campurkan dengan 12 kilogram semen putih. Aduk campuran hingga merata selama sekitar 15-20 menit. Selanjutnya, tambahkan air secukupnya dan terus aduk hingga merata selama 15-20 menit lagi.

4. Tuangkan dan Ratakan Campuran

Setelah menuangkan campuran dan meratakannya dengan jidar hingga ketebalan 3 centimeter, tekan campuran dengan raskam kayu hingga merata. Tunggu hingga campuran setengah kering, lalu gunakan roll cat yang dibasahi untuk menghilangkan bagian halus hingga tekstur di bawahnya terlihat.

5. Bersihkan dan Haluskan

Bersihkan permukaan dengan spons dan biarkan mengering selama satu hari. Agar mendapatkan permukaan teraso yang halus, biarkan mengering selama 7-10 hari.

Setelah itu, haluskan menggunakan mesin buffing. Pastikan membersihkan lantai sebelum menerapkan pelindung agar mengilap dan melindungi dari rembesan air serta noda yang sulit dihilangkan.

Dengan mengikuti cara membuat lantai teraso ini, Anda dapat menciptakan lantai yang mengilap dan tahan lama di rumah Anda. Pekerjaan ini mungkin memerlukan sedikit usaha, tetapi hasil akhirnya akan sebanding dengan usaha yang Anda keluarkan.