Cara Membersihkan Lantai Granit. Penting untuk menjalankan cara membersihkan lantai granit dengan benar, karena kesalahan dalam pelaksanaannya dapat mengakibatkan kerusakan atau goresan pada batu granit. Penggunaan bahan granit umumnya bertujuan untuk meningkatkan estetika permukaan lantai sebuah bangunan.

Cara Membersihkan Lantai Granit

Agar lantai granit tetap menampilkan kesan bersih, berkilau, dan elegan yang mewah, disarankan untuk melakukan pembersihan secara teratur. Ini menjadi lebih penting karena perawatan lantai granit memerlukan upaya sedikit lebih intensif dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.

1. Melakukan Pembersihan Rutin

Agar lantai granit tetap bersih, dianjurkan untuk melakukan pembersihan secara teratur dengan menggunakan kain pel. Pilihlah kain pel yang lembut agar tidak merusak granit. Jika terjadi goresan, risiko penyerapan cairan pembersih ke dalam pori-pori lantai dapat meningkat, mengurangi ketahanan granit.

Lakukan kegiatan ini minimal dua kali seminggu untuk mencegah penumpukan debu dan kotoran di permukaan lantai. Dengan cara ini, kilau lantai granit dapat dipertahankan dan usia pakainya dapat diperpanjang.

2. Menggunakan Bahan yang Lembut

Hindari goresan pada batu dengan menghindari bahan kasar seperti spons abrasif atau handuk kasar saat membersihkan. Juga, sebaiknya jangan menggunakan vacuum cleaner karena dapat menyebabkan goresan pada granit.

Untuk membersihkan lantai granit, pilih kain pel yang halus, basahi dengan air, peras hingga lembab, lalu gunakan untuk mengelap lantai dengan menekannya menggunakan tangan atau kaki. Pastikan lantai tidak terlalu basah, dan ganti air pel jika sudah keruh.

3. Manfaatkan Pembersih Khusus

Dalam perawatan batu granit, gunakan cairan pembersih khusus yang dirancang untuk granit. Cairan ini diformulasikan secara khusus untuk membersihkan granit tanpa merusak, namun tetap efektif dalam mengatasi noda yang sulit.

Cairan pembersih khusus granit umumnya memiliki tingkat pH netral, cocok untuk membersihkan lantai granit tanpa merugikan kualitasnya. Penting memilih pembersih granit tanpa bahan abrasif atau mengikis yang bisa merusak lantai. Lakukan uji kualitas dengan mengaplikasikan sedikit cairan pada permukaan granit dan memeriksa responnya.

Penutup

Rutin melakukan prosedur cara membersihkan lantai granit adalah suatu keharusan untuk memastikan penampilannya tetap optimal. Dengan merawatnya secara baik, umur lantai granit dapat diperpanjang hingga bertahun-tahun.